3 Pengalaman Pahit Kehidupan yang Bikin Kamu Makin Dewasa

0

 

Ilustrasi wanita merenung (Pexels.com/Jermaine Ulinwa)
Livo NewsAda perbedaan seseorang yang menjalani kehidupan dengan dewasa, dan mereka yang menjalaninya dengan mindset masih kekanak-kanakan. Orang yang dewasa biasanya jauh lebih menikmati hidup dan tangguh dibanding yang mereka yang jalan pikirannya belum matang.


Tentu saja untuk menjadi dewasa tidaklah mudah dan butuh proses. Berbagai pengalaman bisa menjadi alat dalam melatih kedewasaan, terutama pengalaman pahit. Lalu, pengalaman pahit seperti apa yang bisa bikin kamu makin dewasa? Berikut akan diulas beberapa contohnya.


1. Perpisahan dengan orang yang kamu sayangi

Jika bisa memilih tentunya kamu ingin bisa terus bersama orang yang kamu sayangi. Sayangnya, terkadang kenyataan gak sesuai harapan, dan kamu mesti menerima kenyataan pahit bahwa orang yang dicintai telah pergi.


Meski pengalaman ini tidak mengenakkan, tapi ketika dijalani dengan ikhlas sebenarnya bisa membuatmu makin dewasa, lho.


Dari kejadian pahit berpisah dengan orang yang kamu sayangi bisa diambil hikmah bahwa gak ada yang abadi di dunia ini, sehingga seyogyanya benar-benar dihargai ketika mereka ada.


2. Kegagalan berulang kali

Siapa pun pasti pengin apa pun yang direncanakan bisa berjalan dengan sukses. Nyatanya, sering kali kamu harus menelan pil pahit bahwa rencana yang sudah disusun dengan matang harus ambyar. Sakit hati, kecewa, marah, ataupun sedih tentu hal yang wajar dirasakan.


Tapi, kamu jangan berkecil hati dulu dan menyerah, ya. Justru berbagai kegagalan yang kamu hadapi bisa melatih ‘otot’ mentalmu supaya gigih. Gak hanya itu, dari berbagai kegagalan juga melatihmu untuk sabar dan lebih menikmati proses.


3. Perubahan negatif

Dalam hidup ini perubahan akan selalu terjadi. Ada yang sifatnya positif, misalnya gajimu naik. Ada pula yang sifatnya negatif dan bikin gak nyaman, sebagai contoh harga kebutuhan yang melambung tinggi, serta penghentian berbagai fasilitas di tempat kerja.


Walaupun pahit, tapi dari perubahan yang tidak mengenakkan tersebut harus diakui mau gak mau bikin kamu yang tadinya nyaman jadi berpikir keras untuk mengubah keadaan. Kondisi inilah yang kemudian membuatmu lebih bijak dan lebih kuat.


Hal yang pahit-pahit memang tidak enak. Tapi di balik itu biasanya ada manfaat. Begitu pula berbagai pengalaman pahit dalam hidup. Ketika dijalani dengan ikhlas, maka kamu pun akan mendapat berbagai keuntungan, salah satunya melatihmu untuk lebih dewasa.


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top